Rabu, 19 Maret 2014

Dampak Sinusitis




Pilek dari kecil atau alergi hidung memang merupakan penyebab tersering dari sinusitis. Selain mengobati sinusitisnya, alergi hidungnya juga harus dikontrol dengan obat-obatan anti alergi. Namun yang terutama adalah menghindari faktor pencetus alerginya, seperti debu atau dingin, bulu binatang, dan lain sebagainya.

Dampak sinusitis yang tidak diterapi dengan baik, dari yang ringan seperti menurunnya kualitas hidup sampai yang berat, bisa menyebabkan pembentukan polip, bengkak di daerah mata, infeksi ke paru serta infeksi ke otak dan pembuluh darah.

Mengenai penurunan berat badan, terdapat kemungkinan dan bisa pula dikarenakan proses infeksi kronis, atau karena sebab yang lain. Tentunya hal tersebut, harus dicari penyebabnya lebih jauh disertai dengan keluhan penyerta lainnya, seperti apakah ada riwayat kencing manis, batuk-batuk lama, dan sebagainya.

Bila memang keadaan ini sudah sangat mengganggu kualitas hidup bapak, mengalami sinusitis berulang lebih dari 3 kali dalam setahun, apalagi disertai polip yang besar sebaiknya dilakukan tindakan pembersihan rongga-rongga sinus atau operasi. Segera konsultasikan lebih jauh dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar