Kamis, 12 November 2015

tips dan trik lulus tes kesehatan ( medical check up )

Tes Kesehatan atau lebih sering dikenal dengan Medical Check Up, merupakan komponen dari proses seleksi karyawan baru. Biasanya tes kesehatan atau medical check up ini diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan BUMN atau perusahaan swasta dan multi nasional yang sahamnya sudah diperjual belikan (Tbk). Namun tidak tertutup kemungkinan tes kesehatan atau medical check up ini juga diselenggararakan oleh perusahaan swasta yang sahamnya belum diperjual belikan (perusahaan kecil dan menengah) ralam proses perekrutan karyawan baru.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tes kesehatan atau medical check up ini, mungkin diantara Anda ada yang memiliki pertanyaan, Apa fungsi tes kesehatan diselenggarakan pada proses seleksi karyawan?. Fungsi dari tes kesehatan ini adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh pihak perusahaan terhadap calon kaeyawan baru yang telah lulus pada proses seleksi sebelumnya. Sehingga dengan proses seleksi tes kesehatan atau medical check up ini, perusahaan akan mendapati karyawan yang benar-benar sehat jasmani luar dan dalam. Dengan demikinan beban biaya untuk karyawan pada tunjangan kesehatan, dapat diminimalisir. Dan yang lebih penting lagi adalah, dengan mendapati karyawan yang sehat serta cerdas, diharapkan akan menunjang kemajuan serta kinerja perusahaan, ini menurut saya. Bayangkan jika karyawan yang dipilih orangnya sakit-sakitan, selain perusahaannya ngak jalan karena karyawannya sakit semua dan yang paling buruknya lagi adalah perusahaan bangkrut karena pembengkakan biaya kesehatan untuk karyawan.


saat ini Anda sedang menunggu atau mempersiakan diri untuk mengikuti tes kesehatan atau medical check up, saya memiliki pengalaman dan dokumentasi dari teman, sahabat dan orang terdekat yang telah berhasil dan lulus pada tahap tes kesehatan ini. Menurut pengalaman dan keterangan yang mereka tuturkan, tes kesehatan atau medal check up ini meliputi beberapa pemeriksaan kesehatan, baik kesehatan tubuh bagian liar maupun bagian dalam. Hal apa saja yang diperiksa pada saat tes kesehatan? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini


Pemeriksaaan Kesehatan Pada Saat Tes Kesehatan 


Perlu saya sampaikan sebelumnya, pada pemeriksaan kesehatan memiliki perbedaan pada masing-masing instansi atau perusahaan. Maksudnya adalah tes kesehatan yang deselenggarakan pada perusahaan umumnya berbeda dengan tes kesehatan ketika Anda mengikuti tes kesehatan masuk TNI, POLRI dan lain-lain. Yang saya jelaskan disini mmerupakan tes kesehatan pada umumnya yang terdiri dari pemeriksaan kesehatan

1. Tes kesehatan pemeriksaan urin

Mungkin ada sebagian kita yang tidak mengerti kata "urin", maka sedikit penjelasan dari saya, urin adalah air seni atau bahasa zimbabwenya "air kencing". Nah fungsi dari pemerikasaan urin ini adalah untuk memeriksa kesehatan ginjal Anda dan memastikan apakah Anda terjangkit penyakit diabetes, atau hepatitis (kencing manis)  atau tidak, serta untuk memastikan apakah Anda seorang pemakai narkoba atau tidak. Namun ada beberapa kasus dari teman saya ketika dia sedang mengikuti tes urin ini yaitu, orang yang tidak mengkonsumsi narkoba diduga oleh sang pemeriksa bahwa dia adalah seorang pengkonsumsi narkoba. Kenapa hal ini bisa terjadi? karena setelah diusut lebih dalam, sebelum orang tersebut melakukan medical check up test urin ini, orang tersebut mengkonsumsi obat sakit kepala yang mengandung bahan-bahan yang terkandung pada narkoba. Sehingga ketika tes urin dilaksanakan, dia diduga pengkonsumsi narkoba, padahal tidak, ini desebabkan karena obat sakit kepala yang di minumnya.

Tips dan saran saya, sebelum tes kesehatan di laksanakan, perbanyaklah istirahat dan minum air putih tetapi juga tidak berlebihan. Disamping itu juga jangan mengkonsumsi obat-obatan 1 hari sebelum tes urin dilaksanakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kasus seperti yang saya terangkan di atas.

2. Tes kesehatan pemeriksaan darah

Pada pemerikasaan darah ini adalah untuk memperkuat hasil dan kesimpulan tes urin, disamping itu juga tes pemeriksaan darah dilakukan untuk memastikan apakah Anda pengidap penyakit yang menular dan HIV/AIDS serta akan diperiksa juga tekanan darah anda. Pada pemeriksaan darah, bagi pria akan diketahui apakah dia seorang perokok berat atau tidak dan ini juga akan dilanjutkan dengan scanning bagian tubuh dalam untuk memperkuat kesimpulan. Namun bagi kaum hawa juga akan diperiksa. Karena zaman sekarang juga banyak wanita yang merokok dan hal itu sudah lumrah di kota-kota besar.

Tips dan saran saya, untuk meminimalisir kadar nikotin dalam paru-paru, hentikan merokok, lakukan olahraga rutin pada pagi dan sore hari, lalu minum air putih yang banyak. Disamping itu tambahi dengan minum susu apakah itu susu kedelai, atau susu bubuk putih (susu full cream) atau susu low fat. Jika ingin lebih dahzyat lagi, jika mungkin, minum air susu ibu atau SGM (Susu Gadis Muda), ingat Susu Gadis Muda, bukan Susu Janda, kalau susu janda tu mah kelat dan pahit rasanya dan pedar dilidah. Nah kalu minum susu yang 2 ini, dijamin dah paru-paru lu bakal bersih secara instan..haha :D. (becanda, jangan dibawa kepikiran, atau di praktekkan ya). Wah.. tu kan, payah lu,, pantang di pancing cerita yang beginian, langsung tu kebayang SGM nya,,hahaha :D. 

3. Tes kesehatan pemeriksaan mata

Pada tes pemeriksaan mata ini, mata Anda akan diperiksa apakah Anda mengalami rabun atau buta warna. Tes pemeriksaan mata ini juga kerap kali dan selalu tidak ketinggalan dan tidak kalah pentingnya dengan pemeriksaan urin dan darah. Untuk fingsinya sendiri mungkin Anda sudah tau, jadi saya rasa tidak perlu saya jelaskan lagi.

4. Tes kesehatan pemeriksaan pendengaran

Saya rasa fungsi tes kesehatan pendengaran Anda sudah mengetahuinya, jika belum silahkan beri komentar melalui kotak komentar. 

5. Tes kesehatan pemeriksaan fisik dan badan

Tes ini sering di gunakan untuk TNI atau POLRI, funsinya untuk melihat badan Anda apakah bertato atau tidak, namun tidak tertutup kemungkinan tes ini juga diadakan untuk seleksi menjadi karyawan sebuah perusahaan. Disamping itu badan anda juga diperiksa apakah Anda pernah patah tulang atau ada bekas operasi. Untuk tes fisik, biasanya Anda akan disuruh berlari, push up, sit up dan lain-lain.

Saya rasa cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai tips lulus tes kesehatan atau medical check up ini. Semoga bermanfaat dan saya harapkan, persiapkanlah diri dan kesehatan Anda jika Anda ingin lulus pada tahap tes kesehatan ini. Karena tes kesehatan merupakan tes yang krusial, jika kita tidak lulus maka ini sangat disayangkan. Sebab apabila seseorang yang telah mencapai tahap tes kesehatan ini, maka perjuangannya untuk menduduki posisi kerja dan menjadi karyawan di perusahaan sudah mencapai 70%.


Kata kunci
LULUS KESEHATAN , TIPS LULUS KESEHATAN , TES MASUK PERUSAHAAN

1 komentar:

  1. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang cara keterima test kesehatan pekerjaan berikut artikel yang terkait tersebut di CARA LOLOS TES KESEHATAN KERJA DI PERUSAHAAN BESAR

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    BalasHapus