Senin, 12 Mei 2014

Muslim itu go green

Makan buah tanam Bijinya "Muslim itu Go Green”

“Tidaklah seorang muslim yang menanam pohon atau tanaman, lalu burung, manusia atau hewan memakannya, melainkan akan menjadi sedekah baginya…”
(HR. al-Bukhari:2320, Muslim:3950)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menegaskan,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا إِلَّا كَانَ مَا أُكِلَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةً وَمَا سُرِقَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ مِنْهُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا أَكَلَتْ الطَّيْرُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ وَلَا يَرْزَؤُهُ أَحَدٌ إِلَّا كَانَ لَهُ صَدَقَةٌ

“Tidaklah seorang muslim yang menanam pohon, melainkan sesuatu yang dimakan dari tanaman itu akan menjadi sedekah baginya, dan yang dicuri pun akan menjadi sedekah.

Dan apa saja yang dimakan oleh binatang buas darinya, maka sesuatu (yang dimakan) itu akan menjadi sedekah baginya.

Apapun yang dimakan oleh burung darinya, maka hal itu akan menjadi sedekah baginya.

Tak ada seorangpun yang mengurangi, kecuali akan menjadi sedekah baginya…”
(HR. Muslim: 3945)

Imam an-Nawawi rahimahullah ta’ala:,
“Di dalam hadits-hadits ini terdapat keutamaan menanam pohon dan tanaman, bahwa pahala pelakunya akan senantiasa mengalir selama pohon dan tanaman itu ada, bahkan sesuatu (bibit) yang tumbuh darinya, sampai hari kiamat…”

(Syarh Shahih Muslim)
So mulai sekarng setiap usai makan buah, usahakan tanam bijinya. semoga akan jadi amal kebaikan yang memasukkan ke surga dan menghapuskan dosa dosa kita. mungkin kita tidak langsung bisa mengambil manfaatnya, namun catatan malaikat atas manfaat akan senantiasa dibukukan dengan rapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar