Rabu, 04 Desember 2013

Makanan untuk asam lambung




Hindari makanan ini saat asam lambung meningkat

1. Cokelat
Cokelat adalah salah satu makanan yang sebaiknya dihindari ketika asma lambung meningkat. Ini karena cokelat mengandung kafein dan penuh lemak. Jika Anda memiliki kecenderungan asam lambung, sebaiknya berhati-hati sebelum mengonsumsi cokelat.

2. Makanan pedas
Selain menyebabkan mulas dan tak baik untuk lambung, makanan pedas juga bisa menyebabkan asam lambung semakin meningkat. Makan makanan pedas ketika asam lambung naik bisa menambah rasa terbakar pada bagian perut, dada, dan tenggorokan.

3. Makanan berbahan tomat
Tomat adalah salah satu makanan sehat, namun sayangnya tomat juga mengandung kadar asam yang tinggi dan bisa memperburuk rasa sakit ketika asam lambung meningkat. Lebih baik jangan dekati makanan yang mengandung tomat, seperti spageti atau saus tomat.

4. Makanan asam
Tentu saja, ketika asam lambung meningkat, sebaiknya Anda tak mengonsumsi makanan yang asam. Hindari buah-buah atau minuman yang asam seperti jeruk, jeruk nipis, atau lainnya. Untuk minum, lebih baik konsumsi air putih. banyak minum air putih bisa meredakan asam lambung.

5. Gorengan
Gorengan berkaitan dengan kenaikan asam lambung dan rasa mulas. Lemak jenuh yang ada di dalamnya membuat perut menjadi tak nyaman. Untuk itu, ketika mengalami kenaikan asam lambung, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang digoreng.

6. Minuman bersoda
Minuman bersoda tak baik untuk lambung ketika terjadi kenaikan asam lambung. Gelembung sodanya yang berisi karbon bisa memberikan tekanan pada lambung dan membuat asam semakin naik.

7. Alkohol
Meski alkohol tak mengandung banyak asam, namun meminumnya masih bisa menyebabkan masalah. Alkohol membuat sam lambung semakin naik ke kerongkongan. Hal ini semakin mungkin terjadi jika Anda mencampur alkohol dengan jus atau minuman lain.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika asam lambung meningkat. Mengonsumsi makanan di atas bisa membuat kenaikan asam lambung semakin parah.





Makanan untuk mengurangi asam lambung

1. Chamomile dan teh adas:
Keduanya kaya akan antioksidan yang baik untuk menenangkan pikiran dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Teh herbal ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Anda bisa minum secangkir teh hangat saat pagi dan sore hari. Jadikan budanya minum teh sebagai kebiasaan sehat di rumah.


2. Apel:
Bila anda suka makan buah, ambil satu butir apel. Selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan serat harian dan menjaga kesehatan gigi, buah ini mampu mengurangi tingkat keasaman pada lambung. Jangan mengkonsumsi apel terlalu berlebihan. Anda cukup makan satu butir apel setiap harinya tanpa dibuang kulitnya.

3. Oatmeal:
Saat sarapan anda perlu menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung serat seperti sayur dan makanan yang bersifat masam bila ingin mengurangi asam lambung. Makan saja semangkuk oatmeal yang mudah dicerna.

4. Jahe:
Minuman jahe cocok untuk dikonsumsi saat musim hujan. Minuman hangat ini tidak hanya bermanfaat untuk memerangi asam lambung namun juga untuk meringankan gangguan kesehatan ringan lainnya seperti batuk, bersin, pilek, flu, dan hidung tersumbat. Lambung yang terluka karena derajat keasaman yang tinggi pun bisa berangsur-angsur membaik karena jahe bersifat anti inflamasi.

5. Susu:
Minum susu perlu dijadikan bagian dari kebiasaan makan yang sehat. Susu ampuh untuk mengurangi asam lambung, mencegah osteoporosis dan menambah tenaga. Anda bisa mengkonsumsi segelas susu tanpa lemak sehingga anda tak mengalami kegemukan. Hindari susu full cream sebab susu jenis ini mengandung lemak yang cukup tinggi dan tidak cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet ketat. Kalsium dalam susu berfungsi untuk menetralkan tingkat keasaman pada lambung.

6. Jus wortel murni dan air kelapa muda. Porsinya 50:50.

7. Kentang,
sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain.

8. Lidah buaya,
mengobati asam lambung dengan lidah buaya sebagai berikut : - Lidah buaya yang berdaging dan menghasilkan cairan putih sangat baik dipakai sebagai penyembuh luka dan keadaan kulit. Jus lidah buaya bisa dipakai sebagai pengobatan untuk gangguan pencernaan. Lidah buaya juga memiliki kandungan elemen kunci seperti aloin, aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida. Zat aktif lain diidentifikasi sebagai Aloctin A dan Aloctin B. Aloctin A menghambat sekresi asam lambung dan pepsin jika diberikan secara intra vena pada tikus. Selain itu, lidah buaya juga menawarkan 19 asam amino, 20 mineral dan 12 vitamin yang penting bagi kesehatan. Jus lidah buaya juga berfungsi sebagai antimikroba dan menyembuhkan lapisan saluran pencernaan, juga bisa mengurangi peradangan. Gel lidah buaya mengandung bradykinase, yaitu suatu enzim pemecah sumber inflamasi, bradykinin. Secara garis besar, aloe bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptik, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Selain itu, kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis. - Penggunaan: Kupas kulit lidah buaya dan bersihkan hingga lendirnya berkurang, Rebus hingga matang ( air mendidih). Sajikan dengan menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya atau dapat juga dijadikan jus dengan menambahkan madu.

9. Brokoli,
merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Makanan penderita maag lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.

10. Mangga,
Mangga adalah buah mengagumkan tidak hanya sehat dari segi nutrisi, tetapi juga merupakan antioksidan dan anti-inflamasi. Ini akan menjaga lapisan perut Anda dari dingin dan bebas asam.

11. Semangka,
memiliki banyak citrulline asam amino yang membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Hal ini pada gilirannya memertahankan tingkat asam.

12. Kelapa,
minum air kelapa beberapa kali sehari akan melakukan keajaiban untuk mencegah pembentukan asam ekstra di perut Anda. Air kelapa juga mengembalikan zat elektrolit yang hilang dari tubuh Anda.

13. Pisang,
mengandung kalium, selain melon, pepaya dan tomat. Kalium yang dikandung dalam buah-buahan tersebut bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres. - Pisang adalah makanan dengan nutrisi lengkap dan memiliki sifat antasid yang besar. - Pisang Raja untuk obat maag, pada pisang raja terkandung zat-zat yang bersifat antitukak peptik, kandungan pektin yang tinggi dalam pisang dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung. - penggunaan : pilih pisang yang sudah tua dan belum matang, keringkan pisang dengan cara kupas kulit pisang. potong kecil-kecil seperti keripik dengan cara dijemur (jangan langsung dibawah mathari, cukup diangin-anginkan saja), setelah kering jadikan bubuk dapat di tumbuk atau blender. Ambil dua sendok bubuk pisang, campur dengan madu, konsumsi dua kali sehari pagi dan malam.

14. Ketimun,
dikenal sebagai bahan makanan pendingin. Mereka mengurangi panas tubuh dan mencegah nyeri di perut yang disebabkan oleh kelebihan asam.

15. Susu Kambing
untuk obat maag, minum 200 ml susu kambing dengan rutin atau saat maag menyerang. Susu kambing bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung yang berlebih.

16. Kunyit
termasuk obat alami yang paling dikenal masyarakat untuk mengobati penyakit maag. Kunyit, dapat membantu menciptakan lapisan di sepanjang esofagus, yang pada dasarnya dapat melindungi dari kenaikan asam di lambung. Kurkumin dan kurkuminoid (bahan aktif dari kunyit) serta minyak atsiri terbukti memiliki efek antioksidan, antibakteri, antiradang, dan antikanker sehingga baik dikonsumsi sebagai obat maag dan untuk kesehatan lainnya. - Penggunaan: Ambil dua ruas kunyit, kupas, bersihkan dan parut kunyit, tambahkan air matang dan peras untuk mengambil sarinya. Minum dua kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

17. Kacang Hijau
untuk sakit maag, kandungan dalam kacang ijo bisa membuat lapisan lambung tebal dan mengurangi kadar asam dalam labung berkurang, yang biasanya penyekit maag diakibatkan terlalu banyakknya kandungan asam dalam lambung. - penggunaan: Bersihkan kacang hijau, keringkan dengan cara dijemur, sangrai kacang hijau hingga matang lalu tumbuk hingga halus, Ambil 1sdm bubuk kacang hijau, campurkan dengan air hangat, minum tiga kali sehari.

18. Bubur Ayam,
bagi penderita sakit maag akut sangat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa boleh ditambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar