Rabu, 20 November 2013

Etika Berdebat



Berdebat adalah hal yang tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun sering kali dalam perdebatan itu di akhiri oleh emosi yang meninggim bahkan tidak jarang menjadi marahan,
naah, berikut adalah adab atau etika dalam berdebat yang baik agar kita tetap elegan.


1. Konsisten
Kalo argument kamu ngaco, gak masuk akal ya jangan konsisten. Kamu boleh konsisten kalo hal yang kamu perdebatkan itu memang masih wajar diperdebatkan dan memang jawaban lawan kamu dan kamu sama-sama masih setengah bener. Kamu harus ingat, kamu harus membuat diri kamu terbukti benar, lewat hal-hal yang kamu tau, hal-hal yang membuat kamu berargument seperti itu, mungkin dari kejadian di hidup kamu atau hal yang pernah kamu baca di internet. Kamu harus berpegang sama hal-hal yang kamu tau itu Konsisten itu penting! Disana harga diri kamu dipertaruhkan. kalo kamu iya-iya aja dan langsung setuju dengan jawaban lawan kamu, dia bisa semakin ngerendahin kamu, dan kamu jadi gak keliatan elegan. Pokoknya kamu harus berpegang teguh sama pendirian kamu, selama masih belum ada bukti kalo kamu salah.



2. Hargai Lawan Kamu
Menganggap remeh lawan itu bisa menjatuhkan diri kamu sendiri. Siapapun dia, orang kaya atau orang miskin, tua atau muda, hitam atau putih, pendek atau tinggi, six month atau six pack, kamu harus hargai dia, karena kalo kamu bisa menghargai dia disanalah harga diri kamu juga naik. Kamu jadi keliatan kalo kamu punya etika dan diajarin sopan santun. Kalo berdebat tatap matanya, jangan tinggikan suara, jangan potong omongannya. Kalo omongan kamu dipotong, biarin aja karena disaat dia gak menghargai, dia akan kalah satu poin.



3. Jangan Menghina atau Menyindir
Ini nih yang suka dilakukan kebanyakan orang, menghina lawannya, walaupun tidak secara langsung. Mancing-mancing gitu deh. Padahal hinaannya gak ada hubungannya sama yang diperdebatkan. Menghina itu gak elegan banget soalnya menghina itu membuktikan kalo posisi si “penghina” lagi terancam sehingga dia menghina si “dihina” hal ini nih yang bisa memicu perdebatan menjadi pertengkaran. Biasanya sih yang dibawa ras atau agama, yang memang sensitif. Kalo kamu lagi berdebat trus lawan debat kamu tiba-tiba mulai ngatain kamu pake hal yang gak nyambung, mending udahan aja sih debatnya. Percuma.



4. Akuin Kalo Argument kamu kalah
Nah. Kalo pada akhirnya argument kamu terbukti salah, ya kamu akuinlah. Jangan tutup kuping sambil nyanyi “nananananaaaa” atau “bodo amaattt.. gak denger gakl denger” atau lebih parahnya lagi kalo kamu masih kekeh dan bilang kalo dia bohong sambil nangis. Gak banget.



5. Jangan Kentut
Kalo kamu berdebat jangan kentut. Apalagi kalo kentutnya bunyi dan bau. Kamu akan jelas-jelas jadi bahan ketawaan dan makian orang. Gak elegan.

Ada yang profesioal dalam berdebat?! Boleh loh kasih tips tambahan lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar