Selasa, 22 Oktober 2013

Cara FIFA menghitung peringkat negara



Ketika FIFA merilis ranking timnas terbaik di Eropa, banyak yang terkejut kala Swiss duduk di peringkat tujuh dan berhak atas status unggulan di Piala Dunia 2014, sementara Italia harus rela posisinya tergusur dua peringkat. Tentu aneh melihat sebuah tim yang pernah menjuarai Piala Dunia harus berada di bawah tim yang bahkan tidak lolos Euro 2012. Meski kedua tim sama-sama tampil baik di kualifikasi Piala Dunia, tetap saja hasil ini mengejutkan.

Cara FIFA menentukan peringkat suatu negara memang tidak terlalu rumit. Apabila suatu tim meraih kemenangan mereka mendapatkan tiga poin. Poin tersebut nantinya akan dikalikan dengan beberapa variabel lain seperti jenis pertandingan (persahabatan atau resmi), peringkat lawannya dan asal dari lawannya tersebut. Selain itu, hasil dari pertandingan tim tersebut nantinya juga akan ditambahkan dengan rata-rata empat tahun sebelumnya, yang berarti status Italia sebagai juara dunia tidak masuk hitungan.

Italia memang mampu tampil impresif pada kualifikasi Piala Dunia. Namun, di dua pertandingan terakhir dimana mereka mendapat hasil seri benar-benar membuat mereka merugi. Meski sudah dipastikan lolos ke Brazil, apabila Azurri bisa memenangkan kedua pertandingan tersebut, menurut penghitungan FIFA mereka akan duduk di peringkat empat.

Sementara Swiss, yang beberapa pekan lalu bahkan jauh dari delapan besar, memang berhasil mengejutkan dunia dengan ranking mereka saat ini. Setelah hasil seri melawan Siprus dan Islandia, mereka melewatkan 14 pertandingan tanpa kalah. Meski hanya menghadapi tim diluar 30 besar, hasil yang mereka raih terbukti banyak membantu peringkat mereka.

Selain di kualifikasi Piala Dunia, jumlah pertandingan persahabatan yang dimainkan dalam setahun terakhir. Italia memainkan lima pertandingan dibandingkan dengan Swiss yang hanya dua. Dari lima pertandingan yang dimainkan Azzurri, mereka hanya meraih sekali kemenangan atas San Marino, sisanya tiga seri dan sekali kalah. Sementara Swiss meraih sekali hasil seri dan satu kemenangan mengejutkan atas Brazil. Bila di rata-rata, Italia hanya meraup 60 poin per pertandingan selama 2013 sementara Swiss 120 perpertandingan.

Paling mengejutkan tentu saja Brazil. Sebagai tuan rumah Piala Dunia tentu saja mereka tidak harus melalui babak kualifikasi, yang membuat mereka memiliki peluang lebih sedikit untuk menambah poin dibanding tim lainnya. Meski hanya sekali kalah dari 14 pertandingan yang mereka mainkan selama 2013, termasuk kala menjuarai Piala Konfederasi, secara mengejutkan Selecao berada di peringkat 11 dunia. Mengejutkan? Tentu. Namun tidak lebih mengejutkan daripada Swiss yang berada di atas Italia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar