Rabu, 17 Juli 2013

Dampak Menyalakn Ponsel Dalam Pesawat


Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan menyalakan ponsel dalam pesawat memunculkan beberapa efek negatif yang bisa mengganggu penerbangan. "Ada tiga efek yang harus diperhatikan," kata Alvin, Jumat, 7 Juni 2013.

Menurut Alvin, ponsel bisa mengganggu komunikasi antara pilot dan Air Traffic Controller (ATC). Ponsel yang terus mencari sinyal mengganggu perkapan itu selama masih menggunakan gelombang radio. "Saat ini komunikasi dan navigasi pilot-ATC masih mengandalkan gelombang radio," kata Alvin. "Kalau ponsel menyala, suara komunikasi yang terdengar akan penuh dengan bunyi tet tet tet tet." 

Alvin berkata, gangguan tersebut bisa menyebabkan miskomunikasi antara pilot dan petugas ATC. Padahal, antara pilot dan ATC harus berkoordinasi arahan yang harus didengarkan, satu diantaranya posisi pesawat lain.

Dampak kedua, kata Alvin, gangguan sistem navigasi. Ia mencontohkan munculnya gangguan akibat dari alur sinyal ponsel dengan sistem naivagasi yang tepat. Gangguan ini bisa membuat titik-titik navigasi menjadi tak akurat.



Sedangkan dampak berikutnya, penggunaan ponsel dalam pesawat ternyata bisa sampai mematikan sistem navigasi. Alvin mengatakan, ponsel terkadang menggunakan kabel-kabel yang berada di pesawat dalam mencari sinyal. Hal itu bisa berefek buruk ke radar navigasi.

"Saya punya pengalaman radar navigasi tiba-tiba mati. Pertama bunyi 'tet tet tet tet' dan gambar bergetar seperti ketika handphone ditaruh dekat monitor. Lalu tiba-tiba saja mati," ujar Alvin. Efek-efek ini, dia menambahkan, perlu dipertegas lagi dengan uji coba ilmiah. (Baca: Pramugari Tidak Perlu Takut Menegur Penumpang)

Peristiwa kekerasan terjadi saat pesawat Sriwijaya Air mendarat. Pramugari Sriwijaya Air, Febriani, dipukul oleh Zakaria Umar Hadi, Kepala Dinas Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Bangka Belitung. Ketika pesawat hendak tinggal landas, Febriani mengingatkan Zakaria agar mematikan ponselnya. Saat peringatan untuk kesekian kalinya itu, Zakaria kesal dan marah. Dia kemudian memukul Febriani dengan koran di wajah sebelah kiri dan telinga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar