Kamis, 12 November 2015

tips lulus psikotes bank syariah

Bekerja di Bank yang memiliki nama besar, baik itu bank pemerintah maupun bank swasta merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi kita termasuk bekerja di Perbankan Syariah. Setelah Anda lulus pada proses seleksi administrasi  Anda akan diminta untuk mengikuti tes kepribadian atau Psikotest Bank Syariah. Tidak heran bila banyak dari kita yang rela melakukan apapun untuk bisa diterima bekerja di bank, termasuk belajar dari banyak sumber. Salah satu tes yang dilakukan dalam proses penerimaan calon karyawan bank  Syariah adalah Psikotest Bank Syariah yang biasanya dilakukan di awal seleksi penerimaan dan akhir proses seleksi penerimaan.
Substansi Soal Psikotes Bank Syariah pada umumnya hampir sama dengan perbangkan lainnya – Antonim (Lawan Kata), Aritmatik, Deret Angka, Koran, Logika Angka, Logika Formil, Menggambar, Padanan Hubungan, Sinonim (Persamaan Kata) dan Wartegg. Untuk mengerjakan soal-soalnya anda tidak harus menghapalkan jawabannya tapi harus anda pahami cara dan teknik pengerjaannya dan cara penyelesaiannya. Biasanya soal-soal yang diberikan saat uji psikotes terdiri dari 3 kategori yaitu soal seputar angka, soal seputar permainan kata, cerita dan persamaannya, soal seputar gambar. Dari ketiga kategori tersebut semua teknik mengerjakannya sama.

Satu hal lagi, mengerjakan Psikotes Bank Syariah dengan benar bukanlah tujuan akhir. Sebab, memang bukan itulah maksud diadakannya psikotes. Banyak faktor yang diperhatikan oleh para psikolog ketika Anda sedang mengerjakan soal psikotes. Ini tampak dari jawaban-jawaban Anda, baik benar, kosong alias tidak diisi, maupun ketika jawaban Anda salah. Selain itu dari perilaku Anda saat mengerjakan rangkaian psikotes pun menjadi perhatian.
Jadi, keberhasilan menjawab semua soal Psikotes Bank Syariah bukan sesuatu yang mutlak dikejar. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda akan menjadi diri sendiri dan mampu menunjukkan potensi Anda yang sesungguhnya dengan psikotes. Ebook ini membuka jalan Anda untuk bisa kembali mempercayai kemampuan diri. Caranya ialah dengan menguasai tipe-tipe soal yang sering muncul dalam psikotes. Ketika nantinya Anda dihujani berbagai soal psikotes, Anda tidak lagi khawatir, karena Anda pernah berlatih mengerjakan tipe soal tersebut dalam buku ini.
Beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengerjakan Psikotes Bank Syariah :
  1. Pahami perintah secara cermat.
  2. Perhatikan waktu yang disediakan dan jumlah soal yang harus dikerjakan.
  3. Kerjakan soal yang menurut Anda lebih mudah terlebih dahulu, baru kemudian mengerjakan soal-soal yang dirasa sulit dan lebih membutuhkan pemikiran mendalam. Ada kalanya terdapat soal sulit yang sepertinya dibuat untuk mengacaukan ketenangan kita. Maka, sebaiknya hindari perasaan penasaran Anda terhadap satu dua soal yang bakal menghambat Anda mengerjakan keseluruhan soal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar