Rabu, 11 Juni 2014

Perbedaan antara 3G dan 4G

Dengan diperkenalkannya koneksi 4G ke publik, sekarang masyarakat memiliki lebih banyak pilihan untuk koneksi internet mereka. Anda mungkin sudah tahu bahwa koneksi 4G menawarkan kecepatan yang luar biasa. Sebenarnya ada banyak kelebihan lain yang dimiliki oleh jaringan ini. Mari kita simak apa saja perbedaan antara 3G dan 4G. Pertama, jika kita membandingkan soal harga, tentu saja 4G dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Hal yang sama juga terjadi pada Smartphone, dimana seri terbaru biasanya dibandrol dengan harga yang lebih mahal oleh karena lebih banyak fitur yang dibenamkan. Tidak ada angka pasti untuk harga koneksi 4G karena setiap provider menetapkan rate yang berbeda-beda. Perbedaan harga juga terdapat di setiap negara.
4G lebih mahal karena koneksi ini bisa melakukan beberapa hal tidak bisa dilakukan oleh 3G. Misalnya, video chat melalui Smartphone bisa dilakukan langsung melalui jaringan 4G tanpa membutuhkan koneksi Wi-Fi. Smartphone yang memakai jaringan ini juga bisa mengunduh data dengan sangat cepat. Koneksi 3G sendiri pada dasarnya sudah sangat cepat. Namun jika anda membutuhkan kecepatan ekstra, anda bisa beralih ke 4G. Meskipun menawarkan kecepatan yang luar biasa, kenyataannya penyebaran jaringan ini belum merata ke seluruh dunia. Hanya Negara-negara tertentu saja yang sudah mendukung jenis koneksi ini. Ke depannya, jaringan ini tentu akan terus meluas dari satu negara dan negara lain, tinggal tunggu saja waktunya.
koneksi 3G Vs Koneksi 4G
koneksi 3G Vs Koneksi 4G
Tipe pengguna internet seperti apakah anda? Jika anda membuka internet hanya sekedar untuk membaca portal berita atau blogging, koneksi 3G sudah sangat cepat. Bahkan untuk streaming video pun koneksi ini masih bisa tanpa buffering. Kecepatan 4G berlipat-lipat lebih cepat, sehingga lebih cocok untuk anda yang hobi mengunduh file berukuran besar hingga bergiga-giga byte. Fitur dasar pada 3G telah cukup untuk pengguna Smartphone biasa. Fitur panggilan, pesan, internet, bisa dilakukan dengan 3G. Jika tidak ada kebutuhan lain, maka anda bisa tetap setia dengan jaringan ini. Jika anda ingin merasakan sensasi streaming ultra cepat, maka anda bisa memilih 4G sebagai andalan utama.
Perbedaan Antara Koneksi 3G dan 4G
Perbedaan Antara Koneksi 3G dan 4G
Lokasi juga bisa menjadi penentu kecepatan internet. Koneksi 4G tidak selalu lebih cepat daripada 3G. Jika ada banyak pengganggu di sekitar BTS, maka koneksi secepat apapun bisa berkurang jauh kecepatannya. Sebaliknya, pada lingkungan kondusif, kecepatan 3G bisa memberikan kecepatan luar biasa. Lalu, apalah anda perlu memilih Smartphone dengan dukungan 4G LTE? Itu tergantung dari jaringan di wilayah anda. Jika belum ada jaringan 4G di sekitar anda, maka percuma saja membeli Smartphone dengan dukungan koneksi ini karena tidak akan bisa dipergunakan. Hampir semua vendor memproduksi seri Smartphone dengan dukungan 4G. Jika memungkinkan untuk memakai Smartphone tersebut di area anda, maka tidak ada salahnya untuk membeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar