Minggu, 10 Februari 2013

Istana Wali Nanggroe Ternyata Lebih Mahal daripada Rumah Tom Cruise

Salah satu agenda yang menjadi prioritas Anggaran Pendapatan Belanja ACEH 2013 adalah pembangunan Meuligo Wali Nanggroe yang menelan biaya APBA sebesar Rp. 35.456.807.000,- (tiga puluh lima milyar empat ratus lima puluh enam juta delapan ratus tujuh ribu rupiah). “Istana” mewah yang dibangun di atas lahan seluas 12 hektar tersebut berada di Jalan Soekarno-Hatta Lampeunereut Banda Aceh. Rencananya istana megah tersebut akan diperuntukkan bagi Wali Nanggroe Paduka Yang Mulia Malik Mahmud Al Haythar.
                                       Rumah Tom Cruise di Montecito California

Yang lebih hebat dari istana Wali Nanggroe yang belum selesai dibangun ini adalah biaya pembangunannya yang fantastis bahkan jauh lebih mahal daripada rumah selebritis top kelas dunia seperti Tom Cruise. Tom Cruise yang diperkirakan memiliki kekayaan sebesar 2,6 Trilyun rupiah memiliki rumah di 1545 E. Valley Road Montecito, California. Mansion yang juga mewah ini dibangun di atas tanah seluas tiga hektar memiliki system energi terkini dengan memanfaatkan solar cell di atasp-atap rumahnya sehingga selain mengurangi emisi gas dan karbon juga menghemat energidan listrik. Nilai rumah canggih hemat energi Tom Cruise ini diperkirakan seharga 33 milyar rupiah atau setara dengan 3,5 juta USD. Hampir setara dengan kemewahan istana yang saat ini tengah dibangun di Aceh.

                            Istana Meuligo Wali Nanggroe di Lampeuneret Banda Aceh

Dilihat dari harganya, jelas nilai Istana Wali Nanggroe jauh lebih besar daripada rumah selebritis sekelas Tom Cruise. Yang membedakan adalah Tom Cruise membeli rumahnya berdasarkan penghasilannya yang memang selangit, sedangkan istana Wali Nanggroe dibangun dari uang rakyat Aceh yang sengaja dialokasikan untuk kepentingan Sang Wali

Sumber : KOMPASIANA.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar