Minggu, 03 Juni 2012

Gentle Birth: Persalinan Alami yang Minim Trauma


Jakarta, Bayangan orang tentang proses melahirkan biasanya sangat menakutkan, traumatis dan menyakitkan. Dengan metode gentle birth yang serba alamiah, persalinan tidak lagi menakutkan tetapi justru penuh cinta dan bahkan bisa mendamaikan jiwa.

"Intinya gentle birth adalah persalinan alami yang ramah jiwa, minim trauma dan penuh cinta," kata Reza Gunawan, seorang pakar self healing yang juga praktisigentle birth dalam Konferensi Keluarga Sehat bersama Frisian Flag di Kemayoran, Jumat (1/6/2012).

Menurut Reza, persalinan pada dasarnya adalah sebuah proses alamiah sehingga tidak perlu intervensi medis kecuali memang ada komplikasi. Secara alamiah, tubuh manusia memiliki banyak mekanisme termasuk hormonal yang akan memudahkan proses persalinan.

Mekanisme-mekanisme itu hanya berjalan dalam kondisi serba alamiah, misalnya harus berlangsung di tempat yang tenang, hangat dan tidak terlalu terang. Sementara persalinan moderen kadang menjadi lebih sulit karena dilakukan di rumah sakit yang hiruk pikuk dan terang benderang.

Reza mempraktikkan sendiri metode gentle birth saat istrinya, penyanyi dan penulis novel Dewi Lestari melahirkan putrinya, Atisha pada 2009. Dengan hanya ditemani Reza dan tanpa didampingi bidan, Dewi sukses melahirkan Atisha tanpa kesulitan yang berarti.

Proses kelahiran Atisha berlangsung di dalam air karena menggunakan metode water birth, yang merupakan salah satu bentuk penerapan gentle birth. Begitu keluar dari jalan lahir, bayi Atisha langsung ditangkap oleh Reza yang juga ikut berendam bersama istrinya selama proses bersalin.

"Bayi baru lahir punya refleks untuk tidak bernapas dalam air, karena selama di dalam kandungan selalu terendam air ketuban," jelas Reza.

Metode gentle birth seperti yang dilakukan Reza dan Dewi sebenarnya bukanlah sebuah metode baru. Selain dengan water birth, metode gentle birth juga sering diterapkan dengan cara-cara yang unik misalnya melahirkan dengan posisi jongkok atau nungging.

"Posisi jongkok atau nungging merupakan posisi alami untuk melahirkan. Dalam posisi ini, keluarnya bayi dibantu juga oleh gravitasi sehingga lebih lancar. Di rumah sakit kadang terasa lebih sulit karena dipaksa untuk berbaring dengan kaki di atas," kata Reza.

sumber : http://health.detik.com/read/2012/06/01/180224/1930758/1299/gentle-birth-persalinan-alami-yang-minim-trauma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar